STOK Bina Guna sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Swasta dibidang olahraga untuk tingkat SMP dan SMA/SMK sederajat di Kopertis Wilayah I. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 359/SK/PPTS/Kop.I./86 mengeluarkan izin pendirian sekolah tinggi olahraga dan kesehatan dengan 2 program studi : 1. Pendidikan olahraga, 2. Pendidikan kepelatihan. Izin operasional pendidikan olahraga dan kesehatan Bina Gunapada tanggal 10 juli 1986. Pada Tahun 2008 Sekolah Tinggi Olahraga mengeluarkan statuta dengan Nomor: 88/STOK-BG/A/2008 pada tanggal 21 Februari 2008 tentang pedoman dasar penyelenggaraan kegiatan Sekolah Tinggi untuk menyusun rencana pengembangan dan rencana program kerja Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna.

            Program Studi Ilmu Keolahragaan STOK Bina Guna berdiri pada tahun 2020 dengan Ijin SK Pendirian PS No. 59378/A5/HK/2020. Pada saat ini Program Ilmu Keolahragaan STOK Bina Guna memiliki dosen tetap sesuai program studi sebanyak 6 orang, dan dosen tidak tetap sebanyak 1 orang. Dalam mendukung pelaksanaan perkuliahan program studi ilmu keolahragaan yang berlokasi di Jl. Alumunium Raya No. 77 Tj. Mulia Hilir Kec. Medan Deli, Kota Medan, Sumatera Utara 20241, memiliki ruang belajar yang berjumlah 10 ruangan, tersedia juga perpustakaan yang memiliki buku teks yang memadai dan tersedia pula jurnal, prosiding, dan beberapa majalah ilmiah. Program studi ilmu keolahragaan STOK Bina Guna juga memiliki laboratorium pendukung pembelajaran, perpustakaan, ruang program studi, ruang dosen, ruang ketua, ruang wakil ketua, ruang rapat, ruang bendahara, klinik kesehatan, ruang BEM, balai penelitian, balai pengabdian pada masyarakat, ruang BAAK, ruang BAUK, ruang aula, dan ruang konseling yang tertata dengan baik.

            Sebagai wujud pelaksanaan tri darma perguruan tinggi maka dosen juga dengan aktif melakukan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk tiga tahun terakhir jumlah laporan penelitian dosen sebanyak 8 judul, laporan pengabdian kepada masyarakat 7 judul. Penelitian dan Pengabdian Masyarakat tersebut dilakukan oleh dosen dibantu mahasiswa baik dari biaya mandiri, biaya dari STOK Bina Guna maupun dari lembaga dikti. Untuk Meningkatkan Mutu Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Dosen dan mahasiswa mengikuti pelatihan dalam penulisan proposal penelitian pengabdian kepada masyarakat, sehingga dapat Meningkatkan hasil produk penelitian yang berorientasi pada inovasi, pemecahan masalah antara lain jurnal dan HKI.

           Program studi ilmu keolahragaan STOK Bina Guna sangat memperhatikan terhadap jumlah dan kualitas luaran penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama. STOK Bina Guna secara terus menerus mendorong para peneliti untuk memanfaatkan hasil penelitian internal maupun eksternal untuk mengintegrasikan antar bidang ilmu dan teraplikasi untuk masyarakat, dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi DIKTI dan internasional, mengajukan HKI, model pemberdayaan, dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Kerjasama sebagai salah satu pilar pendukung di dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dikembangkan dengan cara membangun kerjasama penelitian yang lebih luas termasuk dengan kolaborasi dalam dan luar negeri, meningkatkan kualitas penelitian dengan memanfaatkan jaringan kerjasama internasional, mengintensifkan hubungan dengan lembaga mitra kerjasama melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat menjalin kerjasama penelitian dengan perguruan tinggi lain di dalam maupun di luar negeri.